A-Z Kerja Remote


Hai, good reader!

Setelah sekian waktu kerja remote, ternyata masih belum banyak yang tahu apa itu yang dimaksud remote work. Masih ada yang menyangka saya pelihara Tuyul 😁. Baiklah, mari kita bahas bareng-bareng apa sih makhluk remote work ini.

Apa Itu Remote Working?

Kamu juga bisa kerja di hutan, asal ada koneksi internet πŸ˜€

Jadi gaes, sama hal-nya dengan remote TV yang bisa dipakai ganti channel dari jarak tertentu. Remote work artinya ya kerja tapi dari jarak jauh, nggak harus datang ke kantor. Remote working mengandalkan kecanggihan teknologi internet saat bekerja.

Remote working bisa membuatmu bekerja dimanapun.

Buat ngobrol dan diskusi sama rekan kerja di berbagai belahan dunia pastinya kami pakai teknologi yang terkait dengan internet. Misalnya di Armillary tempat saya kerja, ngobrol secara tertulis bisa pakai aplikasi slack atau WhatsApp. Nah, kalau buat ngobrol langsung baik itu suara maupun bertatap wajah, kami pakai yang namanya Google Hangout.

Kenapa Google Hangout? Sebab jadwal meeting ini bisa masuk ke calendar masing-masing, sehingga orang tahu nih jadwal kita, jam segini lagi sibuk. Yes, kami punya akses terhadap kalender internal staf sehingga saat bikin janji meeting nggak tabrakan jadwalnya.

Untuk mengatur data dan dokumen kerja, beberapa start-up biasanya pakai Jira. Kalau kami di Armillary pakainya Yaclaroo. Setiap divisi biasanya juga pakai aplikasi to do list, jadi masing-masing orang tahu nih kerjaan setiap hari apa.

Aplikasi yang sering dipakai untuk mengorganisir to do list ini antara lain: Trello, Todoist, dan Wunderlist. Ada beberapa orang yang sanggup kerja remote dari HP-nya (kecuali programmer sih, gak mungkin banget kerja dari HP 😜) Jadi mereka akan selalu keliatan nunduk terus megangin hape…hahahaha…

Jam Kerja Remote Working

Keuntungan Remote Work, Bisa Kerja Dimana Saja dan Kapan Saja.

Banyak yang salah kaprah bahwa remote work ini adalah kerja sampingan. Pada kenyataannya remote working di berbagai belahan dunia itu full-time alias 8 jam kerja. πŸ˜‰ Ada konsekuensi memang yang harus dilaksanakan saat bekerja remote dengan zona waktu yang berbeda, yakni waktu kerja yang tidak sama.

Biasanya supaya jam kerjanya sesuai, ada teman-teman yang kerja remote kerjanya tengah malam. Menyesuaikan dengan zona waktu perusahaan (paling ngenes kalau beda waktunya mencapai 12 jam). Ada juga perusahaan yang baik, mensyaratkan kurang lebih overlapping waktu antara 4-5 jam setiap harinya.

Kalau nggak mau terus-terusan begadang, ada baiknya buat kamu yang tertarik untuk kerja remote mencari perusahaan yang memiliki zona waktu yang sama. Maksudnya kalau kamu basednya di Asia Tenggara, ya carilah perusahaan di seputaran Asia Tenggara.

Freelance vs Remote Working

Remote working sama freelance itu beda artinya ya, gaes and gals. Kalau remote work itu sistemnya jarak jauh, sedangkan freelance itu tidak terikat dengan perusahaan sebagai pekerja tetap. Jadi, mau kerja freelance remote work juga bisaΒ πŸ™‚

Lantas pekerjaan apa saja yang bisa dikerjakan secara jarak jauh? Banyak banget, kerja di dunia IT semacam programmer bisa dikerjakan dari jarak jauh. Pekerjaan lainnya yang juga sangat menarik dikerjakan secara remote adalah penulis dan editor, baik itu content writer, kontributor, UI/UX writer, bahkan menulis novel.

Kerjaan menjanjikan lain yang bisa dikerjakan secara remote adalah desain dan ilustrasi. Segala macam rupa desain dan ilustrator sebenarnya bisa dikerjakan secara remote. Kemudian content creator, kamu harus gape nulis dan wajib ngerti masalah fotografi dan video kalau mau jadi content creator.

List pekerjaannya bisa panjang banget nih, bisa bikin pegel tangan. Oke, saya sebutkan beberapa contohnya lagi ya sebelum menutup tulisan ini. Kerjaan yang bisa dilakukan secara remote juga antara lain headhunter atau talent scout, content marketeer, data input, online PR, dan sebagainya.

Lalu Apa Pekerjaan Saya?

Kurang lebih begini sih kerjaan saya sehari-hari πŸ˜€

Nah, sudah gak bingung lagi kenapa saya masih bisa ngopi-ngopi cantik di kafe meskipun kelihatannya saya di rumah saja? πŸ˜ Lalu, apa kerjaan saya? Kerjaan saya palugada, apa yang lo mau gw ada. Dibahas di laen waktu aja ya kalau soal itu wkwkwkw..

Cubit manja pakai tang dari saya buat kamu yang masih bilang saya pelihara tuyul.

Devi R. Ayu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.