Ayah Bunda, Yuk Kenali 16 Tipe Kecerdasan Si Kecil


Intelligent of Spatial, pantesan meskipun perempuan saya bisa baca peta dan jarang tersesat. πŸ˜‚πŸ˜‚

 

three children sitting on stairs
Photo by samer daboul on Pexels.com

Hai-hai, Ayah Bunda keren!

Kemarin ceritanya saya browsing sana-sini, cari tahu berbagai macam tipe kecerdasan manusia. Maklum, emak-emak kepo yang selalu ingin tahu perkembangan anak. Jangan sampai salah mengarahkan bakat dan minat anak, yes.

Akhirnya mata saya terantuk dengan sebuah website yang menjelaskan tentang berbagai tipe kecerdasan manusia. Kemudian mata saya membaca soal inteligensia spatial, dimana menurut web tersebut adalah kecerdasan psikologi. Kemampuan yang hampir mirip dengan kecerdasan visual namun bisa mengukur relasi ruang serta dapat mem-visualkan suatu obyek dari berbagai sisi dan sudut pandang. Saya pun baru ngeh dengan hasil psikotes jaman SMA dahulu kala. Come on, gak ada yang ngejelasin ke anak ataupun ke orangtua hasil tes tersebut pada zaman itu.

Jadi ceritanya dulu pas SMA ada psikotes untuk menentukan minat dan bakat serta tes IQ. Skala ukurnya CFIT skala 3, lumayanlah, IQ saya di atas rata-rata. Namun yang paling mencolok adalah metode berpikir spatial yang saya miliki.

Kecerdasan spatial ini ada di urutan pertama dengan presentasi di atas 90%. Kecerdasan lainnya yang presentasenya tinggi adalah berpikir numerikal, disusul kecerdasan skolastik dan mekanik. Akhirnya di lembaran psikotes tersebut saya disarankan masuk ke IPA karena cara berpikirnya sangat scientific.

Tapi ya namanya minat ya, saya memilih masuk jurusan bahasa karena saya enjoy belajar bahasa asing maupun bahasa Indonesia. Padahal nilai psikotes waktu itu menunjukkan bahwa kemampuan bahasa saya sedang-sedang saja, cenderung tidak bagus malah πŸ˜‚πŸ˜‚

Mungkin ini bisa menjadi catatan buat dunia pendidikan. Bakat ada tapi kalau cara pengajaran tidak seru dan membosankan, anak jadi malas belajar dan selalu dapat nilai jelek. Iya, betul sekali nilai matematika saya selalu jelek dari SMP sampai SMA πŸ˜‚πŸ˜‚

Kalau saya pikir-pikir sekarang, itu karena saya tidak tahu dasar teori kenapa kita harus menghitung sesuai dengan rumus yang tertulis di papan. Tidak ada intro kenapa kita harus belajar perkalian atau pembagian ini. Plus gurunya killer, yasallam, mending ke kantin jajan makanan.

Saya pun pasang status di WA Messenger, dan salah seorang teman saya yang merupakan psikolog menanggapi status saya. Menurut dia kemampuan berpikir spatial ini harus dimiliki oleh anak yang belajar teknik dan dokter gigi, karena mereka harus bisa membayangkan obyek yang berubah bentuk.

Secara umum menurut teman saya, orang yang memiliki kecerdasan spasial ini cukup fleksibel dalam berpikir. Dan bisa melihat masalah dari berbagai sudut pandang. Dia berkata bahwa saya ada bakat jadi arsitek dan fotografer handal. Hahahahaha lumayan dapat konsultasi psikologi gratis πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Nah, berikut 16 kecerdasan manusia yang bisa ayah bunda jadikan acuan untuk mengembangkan bakat dan minat si kecil. Gak ada salahnya melakukan psikotes sejak dini, setelah lulus SD misalnya, biar pas SMP udah tahu bakat yang mencolok dimana.

Maklum, saya mamak yang bercita-cita anaknya masuk SMK aja supaya langsung belajar hal-hal yang disukai. Kalau di SMA kan hampir semuanya dipelajari, malah gak fokus belajar nanti anaknya.

1.Intelegence of Word alias kecerdasan dalam mengolah kata

Manusia yang memiliki bakat ini memiliki kemampuan berbahasa yang mumpuni, baik itu secara tulisan maupun lisan. Biasanya orang-orang dengan kecerdasan ini pandai menghibur orang lain, bisa meyakinkan orang lain dengan sempurna, dan jagoan debat, hihihihi…

2. Intelegence of Logic

Orang yang memiliki kecerdasan ini mampu berfikir secara rasional dan melogika kemungkinan yang bisa terjadi. Biasanya mereka juga memiliki kemampuan matematis yang tinggi karena saat memecahkan masalah matematis dibutuhkan logika yang kuat.

3. Intelegence of Visual

Manusia yang memiliki kemampuan ini dapat merekam apa yang dilihat dan mengingat dengan jelas gambaran asli apa yang mereka rekam di kepala. Yang memiliki kecerdasan visual ini biasanya fotografer, pelukis, arsitek, designer, atau mereka yang memiliki rasa seni yang tinggi.

4. Intelegence of Music

Bisa ditebak, orang yang punya kecerdasan ini pandai bermain musik, bernyanyi, dan paham notasi nada. Orang yang cerdas secara musik bisa tiba-tiba menciptakan lirik ajaib yang beken ke seantero negara hanya dengan duduk di toilet sambil mencari inspirasi. Orang-orang model ini biasanya kalau bekerja harus diiringi alunan musik. Hehehe salah satu kebiasaan saya juga. Suntuk kerja kalau gak ada musik yang mengiringi.

5. Intelegence of Physical

Kecerdasan yang melibatkan gerakan tubuh misalnya menari. Biasanya orang yang memiliki kecerdasan ini mempunyai kelenturan tubuh yang baik. Yayaya dari kecil saya sudah dibiasakan menari sama mama. Pas SMA baru berhenti nari, lebih karena males karena tempat lesnya jauh πŸ˜€

6. Intelegence of People alias Kecerdasan Intrapersonal

Orang yang memiliki kecerdasan ini mampu memahami perasaan orang lain dengan mudah. Pandai berempati, dan mempunyai jiwa kepemimpinan yang tinggi. Siapapun yang memiliki kecerdasan ini mampu mempelajari apapun dari orang lain dan mencontoh hal yang baik untuk dikembangkan lebih lanjut. Kecerdasan yang asyik πŸ™‚

7. Intelegence of Self

Orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya sangat peka dan mampu mengendalikan emosi diri sendiri. Orang ini sangat paham tentang dirinya dan keinginannya. Kemampuan lain yang dimiliki oleh orang cerdas satu ini adalah kemampuan stationer alias kemampuan untuk menjadi seseorang yang tetap netral dan sulit dipengaruhi. Kayaknya petugas KPK harus punya kemampuan sepeti ini ya, ayah bunda.

8. Intelegence of Nature

Kesayangan ayah bunda yang memiliki kecerdasan ini biasanya memiliki kepekaan terhadap alam. Mereka senang memelihara hewan atau menanam dan merawat tanaman. Mereka yang mempunyai bakat ini cocok jadi ahli biologi lho.

9. Intelegence of Existence

Kecerdasan ini maksudnya kecerdasan intuitif ya, Ayah Bunda yang kece. Biasanya mereka yang punya insting tajam sukar dibohongi karena mereka bisa mengetahui sesuatu hal benar atau salah melalui insting tajamnya. Mereka yang punya kecerdasan ini juga seringkali mempertanyakan soal kehidupan dan hakekat hidup itu sendiri.

Kecerdasan intuitif ini kayanya banyak terasah seiring waktu. Mungkin ini sebabnya saat kita ngenalin pacar ke rumah, mamak bapak kita jaman dulu bisa mengenali dengan sekali lihat, mana jodoh terbaik buat anak gw πŸ˜€

10. Numerical Intelegence

Ehem kecerdasan saya ke dua yang tertinggi, sayangnya saya gak tahu bahwa sesungguhnya saya cerdas di bidang ini :-D. Iya, betul saya bisa mencongak dengan cukup mudah, saya bikin sistem sendiri di kepala untuk menambah dan mengalikan bilangan. Gak sama sistemnya dengan yang dipakai sama guru-guru di sekolah. Jadi kecerdasan numerik ini adalah dasar dari kecerdasan logika. Biasanya orang-orang yang memiliki kecerdasan ini pembawaannya tenang dan rasional. Hmm..kalau di kasus saya sih, saya gak rasional-rasional amat. Saya masih percaya dengan adanya keajaiban.

11. Intelegence of Spatial

Mereka yang memiliki kecerdasan ini dapat menyelesaikan masalah berdasarkan gambaran suatu object dari berbagai sudut pandang. Jadi kalau saya ditanya strategi komunikasi yang cocok buat suatu produk misalnya, saya harus punya banyak data mengenai produk ini terutama insight target audience, harapan perusahaan, dan gambaran produk ini untuk menentukan langkah yang harus diambil.

12. Emotional Quotient-Inteligence

EQ adalah kemampuan seseorang dalam mengenali emosi dirinya sendiri dan perasaan orang lain. Kesayangan Ayah Bunda yang EQ-nya tinggi biasanya anaknya sabar dalam menghadapi masalah, dapat menahan emosi saat di muka umum, dan bisa memahami perasaaan orang lain. Tapi jeleknya orang-orang yang EQ-nya tinggi kadang tidak memperhatikan dirinya sendiri, dia terlalu sibuk sama urusan orang lain sampai lupa sama dirinya sendiri.

13. Spiritual Quotionent – Inteligence

SQ adalah kecerdasan spiritual, jadi kesayangan Ayah Bunda yang memiliki kecerdasan ini akan sangat tertarik dengan pelajaran agama dan hal-hal spiritual di sekelilingnya, karena spiritual tidak hanya terbatas pada agama tapi juga manusia sebagai mikrokosmos.

14. Adversity Quotionent- Inteligence

Kecerdasan para Presiden. Kecerdasan ini adalah kemampuan manusia untuk mengatasi kesulitan dan mampu memprediksi hal-hal apa saja yang sekiranya nanti bisa mendatangkan masalah bagi diri sendiri. Kesayangan Ayah Bunda yang memiliki kecerdasan ini nantinya akan jadi orang yang pantang menyerah dan tidak takut terhadap tantangan, bisa jadi malah penyuka tantangan. Karena bagi mereka tantangan adalah kesempatan untuk jadi lebih tinggi dan naik kelas πŸ™‚

15. Intelegence of Mechanical

Ini bakat ke-empat saya yang menonjol, bakat mekanik. Pada prinsipnya bakat ini membuat saya paham dan selalu penasaran dengan tata kerja mesin, perkakas elektronik di rumah dan prinsip-prinsip sains lainnya. Dan ya tepat sekali, zaman belum punya suami saya selalu benerin aliran listrik di rumah sendiri saja. Kalau gak rumit-rumit amat, saya masih ngerti hahahaha.

16. Intelegence of Scholastic

Bakat ke tiga saya yang menonjol adalah skolastik, yaitu kecerdasan kombinasi antara logika kata-kata dengan angka-angka. Katanya sih orang yang punya kecerdasan ini mampu melakukan penalaran yang dasyat, mampu mengurutkan pola dan berpikir dalam pola sebab akibat, serta bisa menciptakan hipotesis. Oleh karena itu orangnya rasional. Itu dia juga sebabnya kali ya, dulu pas masih zaman pacaran, pas sudah putus saya punya prinsip kalau udah ya udah, gak usah diinget2 lagi. semacam berhati baja begitu..ecieee…(lha kok malah curhat) πŸ˜€

Nah, Ayah Bunda itu dia beberapa jenis kecerdasan manusia. Yang saya tulis di sini gabungan dari teori Gardner dan tes CFIT yang pernah saya ambil. Btw busway, saya juga pernah mengikuti tes kecerdasan berdasarkan sidik jari atau lebih dikenal dengan metode Stiffin. Lain kali aja saya bahas yaaa…. Sementara ini dulu. Semoga bisa jadi informasi yang berguna dan memudahkan cara pengasuhan kesayangan kita di rumah ya.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s